Sebutkan dan jelaskan teknik dalam pembuatan kerajinan tekst

Sebutkan dan jelaskan teknik dalam pembuatan kerajinan tekstil? bantu yaa :)?

Jawaban

Beberapa teknik dalam pembuatan kerajinan tekstil adalah teknik sablon, teknik tenun, teknik membatik, teknik sulam, dan teknik bordir.

Pembahasan

Produk kerajinan adalah barang-barang yang dihasilkan menggunakan keterampilan tangan. Untuk membuat produk kerajinan, seorang pengrajin diharuskan memiliki keterampilan teknik yang mumpuni. Hal ini dibutuhkan agar produk kerajinan dapat dibuat dengan cenderung cepat, namun tetap mendetil. Salah satu produk kerajinan yang penting bagi kehidupan sehari-hari adalah produk kerajinan tekstil. Karena tekstil adalah salah satu dari 3 kebutuhan pokok manusia, yakni kebutuhan sandang.  

Untuk menghasilkan produk tekstil, ada beberapa cara atau teknik yang dapat kita terapkan. Berikut adalah cara-caranya:

  • Teknik Sablon

Dalam menerapkan teknik ini, kain sebagai bahan baku kerajinan teksil diberi pewarnaan dengan menggunakan screen. Kemudian, pengrajin membutuhkan cetakan yang sudah didesain dengan bentuk yang diinginkan. Setelah itu, beri cat di atas cetakan dan sapukan ke seluruh permukaan screen. Cetakan dapat diangkat setelah pewarna sudah disapu secara merata. Dewasa ini, teknologi cetak yang lebih mumpuni sudah banyak dipakai dalam industri tekstil.

  • Teknik Tenun

Dalam teknik tenun, benang digabungkan secara melintang dan memanjang. Secara lebih mendetil, benang lungsi dan pakan disilangkan secara bergantian. Terdapat dua jenis teknik tenun yang sering diterapkan di Indonesia, yakni teknik tenun gendong dan teknik tenun dengan menggunakan bingkai kayu.

  • Teknik Batik

Teknik membatik adalah teknik merintang kain dengan malam. Malam merupakan lilin khusus yang digunakan untuk membuat pola pada kain batik. Pengrajin membutuhkan canting sebagai alat tulis batik yang kemudian akan diisi dengan malam yang telah dilelehkan. Perintangan kain dibutuhkan untuk mengikat warna pada batik sehingga warna dapat tetap berada di dalam pola yang digambar. Setelah membuat pola, umumnya batik diwarnai dengan cara direndam atau dicelupkan ke dalam pewarna tekstil.  

  • Teknik Sulam

Dalam teknik sulam, pengrajin memberi dekorasi di atas kain dengan benang dan jarum. Selain benang biasa, pengrajin juga dapat memadukan elemen-elemen lain seperti mute atau manik-manik yang dikaitkan dengan benang yang dipakai untuk menyulam. Sebelum memulai penyulaman, pengrajin juga dapat membuat pola terlebih dahulu agar memudahkan pengerjaan teknik ini. Teknik sulam membutuhkan kain yang renggang agar memudahkan pengrajin untuk mengetahui lubang kain mana yang harus dikerjakan supaya bisa membentuk pola yang diinginkan.  

  • Teknik Bordir

Teknik bordir mirip dengan teknik sulam. Namun begitu, bordir umumnya dilakukan dengan bantuan mesin jahit bordir. Teknik ini dapat dilakukan secara manual dengan mesin jahit modifikasi berjarum bordir.  

Pelajari lebih lanjut  
  1. Pengertian kerajinan tekstil ? 17924583″ class=”sg-link”>17924583  
  2. Perbedaan kriya dan limbah tekstik ? 2906457″ class=”sg-link”>2906457  
  3. Pengertian kerajinan tekstil tradisional dan modern ? 948746″ class=”sg-link”>948746  

Detail jawaban  

Kelas: 4  

Mapel: Seni Budaya

Bab: Bab 7 – Mengenal Karya Kerajinan Nusantara

Kode: 4.19.7

#AyoBelajar

Leave a Comment