Macam macam pengaturan dalam display?

Macam macam pengaturan dalam display?

Jawaban

Macam-macam pengaturan dalam display dibagi menjadi tiga:

  1. Window display (penataan jendela/etalase)
  2. Interior display (penataan dalam toko)
  3. Eksterior display (penataan luar toko)

Pembahasan  

Display merupakan istilah yang dipakai untuk merujuk pada penataan produk atau barang dagangan. Penataan produk ini dilakukan dengan tujuan menarik minat calon pembeli dengan menjajarkan barang dagangan sedemikian rupa. Penataan barang mampu menarik minat pembeli melalui daya tarik penglihatan langsung (direct visual appeal). Untuk menata barang dagangan kita, tentu ada teknik-teknik yang dapat diterapkan.

 

Berdasarkan jawaban di atas, mari kita bahas satu per satu.

  • Window display (penataan jendela/etalase)

Menata barang di etalase atau di balik jendela toko. Jenis penataan ini baik karena dapat menjaga keamanan barang dari cuaca maupun dari pembeli yang kurang bertanggung jawab.  

Kelebihan

  1. Impulse buying (membeli secara impulsif)
  2. Menciptakan daya tarik atau atmosfer dari look koleksi musim tersebut.
  3. Menitikberatkan ciri khas dan kualitas produk toko
  • Interior display (penataan dalam toko). Dibagi menjadi dua jenis:
  1. Open Interior Display

Barang dagangan ditata dan diletakkan di tempat yang terbuka dalam toko agar pembeli dapat melihat dan mengamati barang tanpa bantuan.

Kelebihan

  • Karena pembeli bebas mengamati, produk cepat terjual
  • Alat-alat yang dibutuhkan untuk penataan ini sederhana

    2. Close Interior Display

Barang ditata di tempat-tempat tertentu, umumnya di dalam etalase sehingga bila calon konsumen tertarik untuk membeli, pramuniaga dapat diminta untuk mengambilkan barang tersebut.

Kelebihan

  • Barang terjaga dengan aman
  • Pramuniaga dapat mengawasi dan memandu pembeli
  • Eksterior display (penataan luar toko)
  • Barang dipajang di luar toko untuk tujuan tertentu, misalnya untuk acara cuci gudang atau pengenalan deretan produk baru. Namun, penataan ini kurang optimal karena rentan terhadap cuaca dan keamanan barang.  
  • Eksterior display (penataan luar toko)

Barang dipajang di luar toko untuk tujuan tertentu, misalnya untuk acara cuci gudang atau pengenalan deretan produk baru. Namun, penataan ini kurang optimal karena rentan terhadap cuaca dan keamanan barang.  

Kelebihan

  • Cepat terjual untuk produk yang ingin dipamerkan dalam acara cuci gudang atau produk diskonan  
Pelajari lebih lanjut  

Untuk lebih memahami hal-hal yang yang dapat memengaruhi kesuksesan pemasaran barang, silakan akses link berikut:

  1. Pengertian pemasaran ? 13724366″ class=”sg-link”>13724366
  2. Riset pemasaran ? 863586″ class=”sg-link”>863586
  3. Komunikasi dan manajemen pemasaran ? 14056907″ class=”sg-link”>14056907  

Detail jawaban

Kelas: –

Mapel: Wirausaha

Bab: –

Kode: –

#JadiRankingSatu

Kata kunci: penataan produk, strategi pemasaran, product display.

Leave a Comment