Apakah perbedaan seni rupa murni dan terapan?

Apakah perbedaan seni rupa murni dan terapan?

Jawaban

Mapel: Seni rupa
Kelas: 8 SMP
Kategori: Seni rupa murni dan terapan
Kata kunci: seni rupa, murni, terapan
Pembahasan:

Sebelum kita masuk ke perbedaan antara seni rupa murni dan terapan, kita ketahui dulu pengertian masing-masing. Seni rupa murni adalah hasil karya seni yang dibuat oleh seorang seniman tanpa mementingkan fungsinya melainkan semata-mata hanya untuk dinikmati keindahannya. Sedangkan seni rupa terapan adalah hasil karya seni yang dibuat oleh seorang seniman yang selain memiliki fungsi keindahan juga memiliki fungsi pragmatis yakni memenuhi kebutuhan manusia.

Nah, berikut ini perbedaan antara seni rupa murni dan terapan:
– seni rupa murni: (1) hanya dinikmati keindahannya saja, (2) jenisnya seni lukis dan seni grafis, (3) hanya berfungsi untuk memuaskan batin penikmatnya, (4) media yang digunakan berupa kertas, kanvas, dan dinding, (5) dibuat bebas sesuai ekspresi pembuat, (6) contoh karyanya: lukisan, patung, grafiti, kaligrafi, relief, foto.

– seni rupa terapan: (1) selain untuk keindahan, juga bermanfaat untuk kebutuhan manusia, (2) jenisnya: arsitektur, dekorasi, seni ilustrasi, seni kriya/ ketrampilan tangan, (3) memiliki fungsi dalam memenuhi kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) maupun kebutuhan sosial (keagamaan, pendidikan, budaya), (4) media yang digunakan berupa kayu, batu, logam, keramik, kulit, dan bahan- bahan yang dimanfaatkan untuk kebutuhan hidup manusia, (5) dibuat dengan menyesuaikan fungsi dan selera penikmat, (6) contoh karyanya: meja, kursi, kain batik, anyaman, poster, ukiran, tembikar, dll.

Leave a Comment