9.

9.

Jawaban

Jawaban pilihan ganda:

9. Saat hijrah di Madinah, Usman bin Affan dipersaudarakan dengan Aus bin Tsabit (gak ada di pilihan ganda)

10. B. Ithban bin Malik

Jawaban uraian:

1. Tanggapan kaum kafir Quraisy terhadap hijrahnya Rasulullah SAW adalah marah dan menentang karena tidak ingin umat Islam menyebar luas di Madinah.

2. Siasat yang direncanakan oleh kaum kafir Quraisy adalah dengan cara melakukan pembunuhan terhadap nabi Muhammad SAW.

3. Saat hijrah menuju Madinah, nabi Muhammad SAW bersembunyi di Goa Tsur selama 3 hari 3 malam agar keberadaannya tidak diketahui oleh kaum kafir Quraisy.

4. Nabi Muhammad SAW melakukan hijrah dikarenakan kaum muslimin yang berada di Mekkah terus dikucilkan, kaum kafir Quraisy memiliki rencana jahat terhadap nabi Muhammad SAW dan pengikutnya, adanya fitnah yang ditujukan untuk nabi Muhammad SAW, dan yang terakhir dikarenakan Abu Jahal sangat membenci dan ingin membunuh nabi Muhammad SAW.

5. Yang dilakukan nabi Muhammad SAW berada di Madinah adalah, mempersatukan kaum Muhajirin dan kaum Ansar dengan cara mempersaudarakannya, membangun masjid Nabawi, dan membuat piagam Madinah. Fungsi masjid pada zaman nabi Muhammad SAW adalah mengajarkan membaca dan menulis, melakukan ibadah sholat, dan menyusun strategi perang.

7. Nabi Muhammad SAW mempersaudarakan kaum Muhajirin dan Ansar untuk memperkuat solidaritas dan kohesivitas sosial antar umat Islam sehingga tidak mudah terjadi peperangan.

8. Isi dari perjanjian Hudaibiyah:

  • Adanya gencatan senjata antara dua pihak dan tidak akan ada peperangan hingga 10 tahun mendatang.
  • Individu atau suku, bebas bergabung dengan Nabi Muhammad dan mengadakan persetujuan, sama halnya dengan Quraisy.
  • Apabila ada penduduk Makkah yang pergi ke Madinah maka akan dikembalikan ke Makkah, namun jika ada kaum muslimin dari Madinah yang kembali ke Makkah maka dia tidak akan dikembalikan.
  • Apabila ada penduduk yang berusia muda, yang mengikuti Nabi Muhammad tanpa seizin ayah atau walinya, maka dia akan dikembalikan pada ayah atau walinya. Namun, jika ada yang mengikuti Quraisy di Makkah maka dia tidak akan dikembalikan.
  • Tahun ini ? 6 Hijriyah ? umat muslim akan kembali tanpa memasuki Makkah. Namun, tahun depan Nabi Muhammad dan pengikutnya bisa memasuki Makkah menghabiskan tiga hari untuk melakukan umrah.

9. Tanggapan kaum Ansar adalah, menyambut dengan sangat baik, melayani dan memperlakukan kaum Muhajirin dengan sangat baik seperti saudaranya sendiri.

10. Dakwah nabi Muhammad SAW disambut dengan baik dengan penduduk Madinah. Bahkan, jumlah pengikut nabi Muhammad SAW bertambah banyak. Serta kaum Nasrani pun hidup rukun dan menerima dengan baik kedatangan nabi Muhammad SAW beserta pengikutnya.

Semoga terbantu dan maaf jika salah.

Leave a Comment